Kamis, 06 Juni 2013

Bersaing Secara Fair

Assalamualaikum kawan...
Selamat pagi...

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai persaingan secara adil/fair. Pada hakikatnya manusia di dunia ini hidup dalam garis persaingan yang sangat keras, ingatkah kalian dengan pepatah "Siapa yang kuat maka ia akan bertahan"?. Nah atas dasar itulah manusia berusaha menjadi yang terbaik dengan menghalalkan cara apapun untuk bertahan hidup. Entah itu dengan usaha yang baik atau "kotor",mereka hanya fokus bagaimana untuk bertahan hidup.

Dengan majunya jaman yang sekarang ini lebih modern dan perkembangan teknologi yang semakin cepat,manusia semakin di mudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun kemajuan teknologi yang semakin canggih ini di salah gunakan oleh sebagian manusia yang memiliki keserakahan. Mereka melakukan hal yang melanggar hukum negara dan agama. Sifat mereka bagaikan topeng, di luar kelihatan bijaksana dan adil tapi di balik sifat tersebut mereka mempunyai tujuan busuk.

Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari, sejak kalian sekolah dari TK hingga bekerja pasti akan berhadapan dengan persaingan. Waktu di sekolah pasti kalian bersaing dalam hal akademis maupun non akademis. Di sekolah ini juga kalian di didik untuk bersaing secara fair, tapi banyak juga dari kalian yang bersaing secara tidak fair. Salah satu contoh ketika ada ulangan/ujian apakah kalian yakin pada jawabanmu sendiri?pasti di antara kalian merasa tidak yakin dengan jawaban sendiri dan alhasil kalian pun mencontek hsil dari teman kalian sendiri.

Dari hal di atas, maka ketika kalian dewasa dan ingin menjadi orang terpandang di mata orang lain pasti kalian akan mencoba untuk bersaing dengan cara haram. Entah itu dengan uang sogokan, promosi jabatan , dan sebagainya. Contoh yang seperti inilah yang sangat marak terjadi di negara kita bahkan seakan-akan sudah menjadi budaya. Tidakkah kalian berpikir sejenak sudahkah anda memiliki sifat adil? jika kalian tidak bisa fair maka kalian sudah menjauh dengan keadilan.

Sebagai generasi muda untuk mewujudkan cita-cita bangsa kita wajib memiliki sifat adil. Kelak, kelangsungan hidup negara kita berada di tangan kita semua. Kita boleh bersaing asalkan bersaing secara sehat, adil, dan halal. Sudahkah hari ini kalian fair?

Terima kasih atas waktunya untuk menyempatkan membaca artikelku ini semoga bermanfaat bagi semua :)

Tidak ada komentar: